Minggu, 22 Maret 2015

Tentang NJF



Wonosobo menyimpan potensi yang sangat besar. Kekayaan alam yang menakjubkan, keanekaragaman  seni dan budaya, warisan kuliner yang khas, serta keberagaman yang harmonis. Juga dikenal sebagai Poros Dunia, serta Negeri Atas Awan yang eksotis tiada duanya.
Dengan berbekal kreatifitas dan kecanggihan media,   beberapa komunitas yaitu:   Wonosobo Zone, Wonosobo Muda,  MbakYu Blogger, dan Go Lokal  berinisifatif menggarap sebuah perhelatan  akbar melalui karya jurnalistik, yaitu:

“Netizen Journalistic Festival Wonosobo”
NJF Wonosobo  | #NJFWonosobo

NJF Wonosobo merupakan kompetisi yang bertujuan untuk mempromosikan ‘semua tentang Wonosobo’ dengan menggali potensi yang ada lewat tulisan, foto, dan video.  Dengan memanfaatkan media online dan disampaikan melalui bahasa jurnalistik, diharapkan event ini bisa menjangkau lingkup Nasional dan Internasional.
Berbagai hal unik dan baru yang belum terekspose dapat dikemas melalui karya jurnalistik sehingga menggugah ketertarikan wisatawan pada Eco Wisata dan Wisata Konservatif. Selain itu, diharapkan kata ‘Wonosobo’ menjadi Trending Topic dan Top Search di media online.

Netizen  / Peserta
Target peserta adalah pengguna internet yang kini dikenal sebagai Netizen. Faktanya, populasi Netizen Indonesia mencapai 83,7 juta orang pada 2014 dan diperkirakan lebih dari 1 milyar manusia di seluruh dunia.
Peserta NJF Wonosobo dikategorikan menjadi Pelajar dan Umum. Pelajar dan Masyarakat luas termasuk Mahasiswa diharapkan bisa memiliki kreatifitas dalam mengekspresikan kecintaan mereka terhadap kekayaan alam, seni budaya, keberagaman, khazanah kearifan lokal, serta potensi ekonomi yang bisa menjadi daya tarik wisata dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
Bentuk kecintaan tersebut ditampilkan melalui karya jurnalistik yang menarik, menggugah, dan memberikan gambaran utuh tentang potensi Wonosobo. Peserta tidak dibatasi daerah, usia, dan latar belakang, dan diharapkan menjangkau peserta di lingkup Nasional.


Journalistic
Karya Journalistic adalah modal terbesar dalam menyebarkan informasi  secara aktual, menarik, sehingga memberi dampak yang luas.  Dengan adanya NJF Wonosobo, karya Jurnalistik bisa menjadi media  yang ampuh dalam menyampaikan pesan yang dikemas apik untuk mengangkat berbagai potensi Wonosobo yang selama ini belum ter-ekspose.

Festival
NJF Wonosobo dibagi dalam 3 kategori yaitu Videografi (Berupa karya film Dokumenter), Fotografi , dan Artikel (Berupa berita Feature) yang bertema kan “All About Wonosobo” (semua tentang Wonosobo).